contoh laporan magang Fakultas Ekonomi Syariah

Posted: Desember 28, 2014 in ilmu
Tag:, , , , ,

                                                                         BAB I

PENDAHULUAN

I.1     LATAR BELAKANG

Perkembangan dunia dalam era globalisasi memacu pergerakan pendidikan memasuki persaingan yang sangat ketat, kondisi yang seperti ini yang di emban dunia pendidikan dalam pembangunan sumber daya manusia. Hal ini diperlukan perpaduan yang koheren, antara kemampuan teoritis yang diperoleh di bangku kuliah dengan kemampuan praktek sebagai tuntutan pragmatis. Hal ini bertujuan untuk memperkecil distori yang mungkin timbul dalam pengetahuan teori dengan aktualisasi praktik.

Praktek Kerja Lapangan merupakan salah satu kurikulum wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa S1 Program Studi Ekonomi Islam Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Natuna. Selain untuk memenuhi kewajiban Akademik, diharapkan kegiatan tersebut dapat menjadi jembatan penghubung antara dunia industri dengan dunia pendidikan serta dapat menambah pengetahuan tentang dunia industri sehingga mahasiswa akan mampu mengatasi persaingan di dunia kerja. Dan mengingat mutu pendidikan telah menjadi sorotan di mata dunia pendidikan baik dari dalam maupun luar negeri demi terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas yang mampu membuat dunia menjadi lebih maju dan menjadikannya kehidupan yang lebih baik.

Dalam rangka pengembangan dan peningkatan kegiatan mahasiswa di masyarakat diperlukan adanya suatu kegiatan yang bertujuan untuk melatih dan mendidik mahasiswa, diantaranya kegiatan yang sangat membangun mahasiswa diadakannya Praktek Kerja Lapangan (PKL). Praktek Kerja Lapangan merupakan suatu kegiatan kerja mahasiswa yang ditempatkan pada suatu tempat yang berkaitan dengan bidang ilmu yang ditempuhnya dalam waktu tertentu.

Praktek Kerja Lapangan yang dilakukan dapat membantu mahasiswa agar lebih memahami bidang studi yang di tekuninya dan mendapatkan gambaran nyata pengimplementasian ilmunya di dunia nyata. Mahasiswa akan belajar mengatasi kesenjangan antara teori yang didapatkan di bangku kuliah dengan permasalahan di lapangan sebenarnya, yang memerlukan teknologi informasi untuk mendapatkan jalan keluarnya.

Kegiatan yang sangat positif ini bertujuan untuk melatih serta mendidik mahasiswa sehingga terciptanya seorang insan yang unggul dan maju dengan ilmu yang dimiliki sekaligus mempelajari hal-hal lainnya yang didapatkan melalui pengalaman selama melaksanakan Praktek Kerja Lapangan, melalui kegiatan seperti ini tentunya sangat membantu mahasiswa untuk mempersiapkan diri sebelum memasuki dunia kerja yang nyata.

Praktik Kerja lapangan ( PKL ) merupakan bentuk penyelenggaraan perkuliahan yang pelaksanaannya merupakan perpaduan yang harmonis antara pengetahuan teoritis dengan pemahaman praktis, antara belajar di bangku kuliah dengan belajar di dunia kerja.[1] Kegiatan yang melibatkan media dan sarana sebagai pusat dan aktivitas pembelajaran praktik mahasiswa dengan bantuan perusahaan, lembaga keuangan, maupun lembaga keuangan lainnya, serta berbagai struktur organisasi yang kelembagaannya bersifat syariah.

Praktek Kerja Lapangan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Natuna juga didasarkan pada Pedoman Pendidikan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Natuna. Praktek kerja Lapangan ( PKL ) pada program studi Ekonomi Islam STAI Natuna merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa sesuai SK MENDIKNAS RI No. 232/U/2000 tentang pedoman penyusunan kurikulum pendidikan tinggi dan penilaian hasil belajar mahasiswa.

I.2     TUJUAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)

Adapun tujuan dari pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL), yaitu memberikan pendidikan yang lebih spesifik dan mengarah kepada kemampuan profesional mahasiswa. Selain itu tujuan praktek Kerja Lapangan (PKL) sebagai berikut :

  1. Bagi Perguruan Tinggi ( STAI Natuna )
    1. Menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian akademik dan professional yang sesuai dengan tuntutan dunia usaha/dunia kerja.
    2. Memperkokoh kesepadanan antara dunia pendidikan dan dunia kerja.[2]
    3. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pendidikan yang menuju profesionalisasi yang humanis.
  2. Bagi Mahasiswa
  3. Sebagai salah satu syarat akademik yang ditentukan sekolah sebagai syarat kelengkapan menyelesaikan pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan di Bank Syariah Mandiri.
  4. Memberikan pengertian tentang proses dan pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan. Apabila Praktek Kerja Lapangan dilaksanakan dengan penuh dedikasi, maka banyak pengalaman serta peluang positif yang dapat diperoleh mahasiswa.
  5. Menjadikan mahasiswa lebih kreatif dan inovatif.
  6. Memacu mahasiswa untuk dapat mempraktekkan apa yang didapat dalam Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan diterapkan dalam dunia usaha/kerja mandiri.
  7. Untuk menambah wawasan dan pengetahuan pada mahasiswa itu sendiri.

I.3     MANFAAT PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)

Adapun manfaat dari pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) bagi perguruan tinggi dan mahasiswa, sebagai berikut :

  1. Bagi Perguruan Tinggi ( STAI Natuna )
    1. Memperoleh umpan balik sebagai hasil pengintegrasian mahasiswanya dengan proses pembelajaran di lapangan kerja.[3]
    2. Memperoleh berbagai kasus yang dapat dipergunakan sebagai materi perkuliahan dan menentukan berbagai masalah untuk pengembangan penelitian.
    3. Meningkatkan, memperluas, dan mempercepat kerjasama dengan instansi serta departemen terkait melalui rintisan kerjasama dan mahasiswa yang melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL).
  2. Bagi Mahasiswa
  3. Meningkatkan kemampuan tentang cara berpikir dan bekerja secara interdisipliner, sehingga dapat menghayati adanya saling ketergantungan.
  4. Mendewasakan cara berpikir serta meningkatkan daya nalar mahasiswa dalam melakukan penelaahan, perumusan, dan pemecahan masalah secara pragmatis ilmiah.[4]
  5. Dapat mempraktekkan ilmu yang telah didapatkan di bangku kuliah dan diterapkan dalam dunia usaha/kerja.
  6. Menumbuhkan sikap profesionalisme dan kepedulian sosial dalam diri mahasiswa arti dari sebuah tanggungjawab.

I.4     JADWAL DAN JENIS KEGIATAN

  1. Jadwal

Kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dilaksanakan selam 2 (dua) bulan, yaitu dimulai pada tanggal 03 November s.d. 31 Desember 2014. Praktek ini diadakan setiap hari Senin s.d. Jum’at dan dimulai pada pukul 07.45 WIB s.d. 17.00 WIB.[5]

  1. Tempat

Adapun pelaksanaan Praktek Kerja lapangan (PKL) diadakan/ditempatkan di PT. Bank Syariah Mandiri KCP Natuna beralamat di Jl Soekarno Hatta, Ranai.

  1. Jenis kegiatan

Adapun jenis kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) secara umum di Bank Syariah Mandiri, antara lain :

  • Berdoa sebelum melaksanakan aktivitas di Bank Syariah Mandiri (BSM), yaitu dimulai pada pukul 07.45 WIB.
  • Memulai aktivitas dan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Bank Syariah Mandiri dimulai pada pukul 08.00 WIB s.d. 17.00 WIB.
  • Pada saat memulai proses aktivitas Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Bank Syariah Mandiri melaksanakan pengajian bersama setiap hari.

BAB II

BANK SYARIAH MANDIRI

II.1   SEJARAH BANK SYARIAH MANDIRI

  1. Sejarah Bank Syariah Mandiri Pusat

Kehadiran  Bank Syariah Mandiri ( BSM ) sejak tahun 1999, sesunguhnya merupakan hikmah dari krisis menerapkan negeri ini. Sebagaimana kita ketahui, krisis ekonomi moneter sejak juli 1997 yang disusul dengan krisis politik nasional sehingga menimbulkan dampak negatif yang sangat hebat terhadap seluruh sendi kehidupan masyarakat. Selain dunia usaha, industri perbankan di Indonesia yang di dominasi oleh bank konvensional mengalami krisis luar biasa. Pemerintah Indonesia akhirnya mengambil tindakan dengan merestrukturisasi dan merekapitalisasi sebagai bank-bank di Indonesia.

PT Bank Susila Baki ( BSB ) yang dimiliki Yayasan Kesejahteraan Pegawai (YKP ), PT Bank Dagang Negara dan PT Mahkota Prestasi juga terkena dampak krisis. BSB berusaha keluar dari situasi tersebut dengan melakukan upaya merger dengan beberapa bank lain serta mengundang investor asing. Pada saat bersamaan, pemerintah tengah melakukan merger empat bank

( Bank Dagang, Bank Bumi Daya, Bank Exim, dan Bapindo ) ke dalam PT Bank Mandiri ( persero ) pada tanggal 31 Juli 1999. PT Bank Susila Baki ( BKB ) memproses pemilik baru, yaitu PT Bank Mandiri (persero).

Dalam proses merger, Bank Mandiri sambil melakukan konsolidasi juga membentuk tim pengembangan perbankan syariah. Pembentukan tim ini bertujuan untuk mengembangkan layanan perbankan syariah di group Bank Mandiri sebagai respon atas diberlakukannya UU No.10 tahun 1998.yang memberi peluang bank umum melayani transaksi syariah ( dual banking system ).

Pada tanggal 1 November 1999 berdirilah bank Syariah Mandiri dengan jenis usaha Banking ( Sharia Principle ). Dengan Modal awal yang disetor sebesar  IDR 1 Triliun, dan modal ditempatkan sebesar Modal ditempatkan sebesar IDR 658 Miliar. Adapun pemegang saham PT Bank Syariah Mandiri, yaitu PT Bank Mandiri Tbk (99,999999%) dan PT Mandiri Sekuritas (0,000001%). Dan saat ini, PT Bank Syariah Mandiri ( pusat ) berada di Gedung Bank Syariah Mandiri Jl. MH Thamrin No. 5 Jakarta 10340 – Indonesia[6].

  1. Sejarah Bank Syariah Mandiri KCP Natuna
  2. Bank Syariah Mandiri KCP Natuna diresmikan pada tanggal 29 Desember 2010. Sebagai kantor cabang pembantu, PT. Bank Syariah Mandiri Natuna memiliki aryawan sbanyak 17 orang, antara lain: 1 pimpinan, 2 Officer, PMS, PMM, 1 Gadai, 3 Pegawai Front Liner, 4 Asissten, 3 Security, dan 2 Office boy.
  3. Bank Syariah Mandiri Cabang Natuna berada di Jalan Soekarno Hatta (samping tugu Padamu Negeri), Kelurahan Ranai Kcamatan Bunguran Timur Kabupaten Natuna provinsi Kepulauan Riau. Adapun beberapa Pimpinan BSM yang pernah menjabat adalah sebagai berikut :
  1. Bapak Ahmad Widodo( Desember 2010 s/d Oktober 2012 )
  2. Bapak Anggi Pratama herlani,SE( Oktober 2012 s/d Sekarang )[7]

II.2   JENIS USAHA BANK SYARIAH MANDIRI

  1. Produk pembiayaan
  1. BSM Edukasi

Pembiayaan Edukasi BSM adalah pembiayaan jangka pendek dan menengah yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan uang masuk sekolah/perguruan tinggi/lembaga pendidikan lainnya atau uang pendidikan pada saat pendaftaran tahun ajaran/semester baru berikutnya dengan akad ijarah.

  1. BSM Griya

Pembiayaan Griya BSM adalah pembiayaan jangka pendek, menengah, atau panjang untuk membiayai pembelian rumah tinggal (konsumtif), baik baru maupun bekas, di lingkungan developer maupun non developer, dengan sistem murabahah.

Menggunakan akad pembiayaan, antara lain :

  • Akad yang digunakan adalah akad murabahah.

Akad murabahah adalah akad jual beli antara bank dan nasabah, dimana bank membeli barang yang dibutuhkan dan menjualnya kepada nasabah sebesar harga pokok ditambah dengan keuntungan margin yang disepakati.

  1. Pembiayaan Dana Berputar

Pembiayaan Dana Berputar adalah fasilitas pembiayaan modal kerja dengan prinsip musyarakah yang penarikan dananya dapat dilakukan sewaktu-waktu berdasarkan kebutuhan riil nasabah.

Akad Pembiayaannya sebagai berikut :

  • Akad yang digunakan adalah akad musyarakah

Akad musyarakah adalah akad kerja sama usaha patungan dua pihak atau lebih pemiliki modal (syarik/shahibul maal) untuk membiayai suatu jenis usaha (masyru) yang halal dan produktif.

  1. BSM Implan

Pemberian fasilitas pembiayaan konsumer kepada sejumlah karyawan (kolektif) dengan rekomendasi perusahaan/instansi (approve company), di mana pembayaran angsurannya dikoordinasi oleh perusahaan/instansi melalui pemotongan gaji langsung.

Akad yang digunakan pada pembiayaan IMPLAN adalah Wakalah wal Murabahah/ Wakalah wal Ijarah, yaitu :

  • Wakalah

Antara BSM dan Perusahaan/instansi untuk verifikasi kelengkapan awal, merekomendasikan karyawan/anggotanya untuk mengajukan pembiayaan, dan collection (potong gaji).

  • Murabahah

Antara BSM dan karyawan/anggota untuk pembelian barang.

  • Ijarah

Antara BSM dan karyawan/anggota untuk memperoleh manfaat atas jasa pendidikan

  1. Pembiayaan Resi Gudang BSM

Pembiayaan Resi Gudang adalah pembiayaan transaksi komersial dari suatu komoditas/produk yang diperdagangkan secara luas dengan jaminan utama berupa komoditas/produk yang dibiayai dan berada dalam suatu gudang atau tempat yang terkontrol secara independen (independently controlled warehouse).

Akad Pembiayaan pada pembiayaan resi Gudang disesuaikan dengan skema usaha nasabah (tailor made), dapat berupa :

  1. Pembiayaan Kepada Koperasi Karyawan untuk Para Anggotanya (PKPA)

Pembiayaan kepada Koperasi Karyawan untuk Para Anggotanya (PKPA) adalah penyaluran pembiayaan melalui koperasi karyawan untuk pemenuhan kebutuhan konsumer para anggotanya (kolektif) yang mengajukan pembiayaan kepada koperasi karyawan.

Pola penyaluran yang dipergunakan adalah executing (kopkar sebagai nasabah), sedangkan proses pembiayaan dari kopkar kepada anggotanya dilakukan dan menjadi tanggung jawab penuh kopkar.

Akad Pembiayaannya, sebagai berikut :

  • Pemberian fasilitas pembiayaan dalam bentuk akad (Mudharabah Line Facility) dan atas setiap pencairan berikutnya dituangkan dalam bentuk akad mudharabah.
  • Penarikan fasilitas harus berdasarkan adanya pengajuan dari anggota kepada Nasabah.
  • Fasilitas pembiayaan kepada Nasabah bersifat non revolving.
  1. Gadai Emas BSM

Gadai Emas BSM merupakan produk pembiayaan atas dasar jaminan berupa emas sebagai salah satu alternatif memperoleh uang tunai dengan cepat.

Akad Pembiayaannya, antara lain :

  • Akad yang digunakan adalah akad Qardh dalam rangka
  • Qardh dalam rangka Rahn adalah akad pemberian pinjaman dari bank untuk nasabah yang disertai dengan penyerahan tugas agar bank menjaga barang jaminan yang diserahkan.
  • Biaya pemeliharaan menggunakan akad ijarah.
  1. Talangan Haji BSM

Pembiayaan Talangan Haji BSM merupakan pinjaman dana talangan dari bank kepada nasabah khusus untuk menutupi kekurangan dana untuk memperoleh kursi/seat haji dan pada saat pelunasan BPIH.

Akad yang digunakan adalah akad Qardh wal Ijarah. Qardh wal Ijarah adalah akad pemberian pinjaman dari bank untuk nasabah yang disertai dengan penyerahan tugas agar bank menjaga barang jaminan yang diserahkan.

  1. Pembiayaan Mudharabah Muqayyadah off Balance Sheet

Investasi Terikat Syariah Mandiri adalah suatu produk dengan karakteristik sebagai berikut:

  • Investor (shahibul maal) menginvestasikan dananya kepada Bank  disertai dengan pernyataan bahwa investasi tersebut dijaminkan  kepada Bank atas pembiayaan yang diberikan oleh Bank kepada Pelaksana Usaha tertentu
  • Atas investasi tersebut, Investor memperoleh return dari pembiayaan yang diberikan oleh Bank kepada Pelaksana Usaha tertentu tersebut.

Akad Pembiayaannya, antara lain :

  • Akad antara Investor dengan Bank yaitu akad Mudharabah Muqayyadah dengan minimal mencantumkan: jumlah dana, jangka waktu investasi, penerima pembiayaan (Pelaksana Usaha yang ditentukan), besar nisbah bagi hasil. Investor tidak diperkenankan mencairkan dananya sebelum jangka waktu pembiayaan berakhir, kecuali dana yang berasal dari pengembalian cicilan atau pelunasan pinjaman dari Pelaksana Usaha, yang dikreditkan ke rekening investasi tidak terikat milik Investor pada Bank (mudharabah mutlaqah) atau rekening giro Bank (wadi’ah).
  • Akad antara Bank dengan Pelaksana Usaha dapat berupa akad murabahah, mudharabah, dan musyarakah dengan maksimal plafond pembiayaan dan jangka waktu mengikuti ketentuan butir 1.
  1. Pembiayaan Kepada Pensiunan

Penyaluran fasilitas pembiayaan komersial/konsumer kepada  para pensiunan PNS, di mana pembayaran angsurannya dilakukan melalui pemotongan uang pensiun langsung yang diterima setiap bulannya.

Adapun kriteria dari pembiayaan kepada Pensiunan, antara lain :

  • Pensiunan PNS,
  • Pada saat jatuh tempo fasilitas usia maksimal 65 tahun,
  • Belum menikmati fasilitas pembiayaan serupa dari pemberi pembiayaan lain, dan
  • Bersedia untuk memindahkan pembayaran uang pensiunnya melalui Bank Syariah Mandiri
  1. Pembiayaan Peralatan Kedokteran

Ditujukan kepada para professional yang berprofesi sebagai dokter spesialis atau dokter gigi yang berkeinginan untuk membeli peralatan baru penunjang kerja atau memperbarui peralatan yang ada melalui fasilitas pembiayaan syariah dengan cara mengangsur dan pembiayaannya menggunakan akad Murabahah.

  1. Pembiayaan Umrah

Produk pembiayaan umrah BSM adalah salah satu upaya BSM untuk memberikan kemudahan dan keringanan kepada calon nasabah dalam memenuhi  kebutuhan perjalanan umrah yang selama ini belum terakomodir melalui pembiayaan secara syariah dengan menggunakan akad ijarah.

Pembiayaan digunakan untuk memfasilitasi kebutuhan biaya perjalanan umrah seperti namun tidak terbatas untuk tiket, akomodasi dan persiapan biaya umrah lainnya melalui Penyelenggara Umrah yang telah terdaftar dan mempunyai izin dari Departemen Agama serta memiliki pengalaman usaha penyelenggaraan umrah minimal selama 2 tahun.

  1. BSM Warung Mikro

Pembiayaan yang digunakan untuk pengembangan usaha mikro dengan limit  pembiayaan sampai dengan Rp.100.000.000,-. Pembiayaan ini diperuntukkan bagi perorangan (PNS, Pegawai Swasta) yang memiliki usaha dan bagi Badan Usaha.

  1. Pembiayaan Mudharabah BSM

Pembiayaan Mudharabah BSM adalah pembiayaan dimana seluruh modal kerja yang dibutuhkan nasabah ditanggung oleh bank. Keuntungan yang diperoleh dibagi sesuai dengan nisbah yang disepakati.

  1. Pembiayaan Musyarakah BSM

Pembiayaan khusus untuk modal kerja, dimana dana dari bank merupakan bagian dari modal usaha nasabah dan keuntungan dibagi sesuai dengan nisbah yang disepakati.

  1. Pembiayaan Murabahah BSM

Pembiayaan Murabahah BSM adalah pembiayaan berdasarkan akad jual beli antara bank dan nasabah. Bank membeli barang yang dibutuhkan dan menjualnya kepada nasabah sebesar harga pokok ditambah dengan keuntungan margin yang disepakati.

  1. Produk Pendanaan
  1. Tabungan BSM

Simpanan dalam mata uang rupiah  yang penarikan dan setorannya dapat dilakukan setiap saat selama jam kas dibuka

Karakteristik dari tabungan Syariah Mandiri, antara lain:

  • Berdasarkan akad Mudharabah Muthalaqah.
  • Menggunakan mata uang Rupiah, Dollar Amerika, dan Dollar Singapura.
  • BSM Net banking dan BSM Mobile Banking.
  • ATM dan Debit Card.
  • Tabungan dengan bagi hasil yang menarik, aman dan terjamin.
  • Dapat ditarik ataupun disetor di seluruh cabang bank Syariah Mandiri.
  • Nasabah dapat menyalurkan zakat,infak, dan sedekah melalui tabungan Syariah Mandiri.
    1. Tabungan Mabrur BSM

Tabungan MABRUR adalah simpanan dalam mata uang rupiah yang bertujuan membantu masyarakat muslim dalam merencanakan ibadah haji & umrah, tabungan ini dikelola berdasarkan prinsip Mudharabah Muthlaqah.

Adapun karakteristik dari tabungan MABRUR, antara lain :

  • Berdasarkan prinsip syariah dengan akad mudharabah muthlaqah.
  • Sarana untuk perencanaan ibadah haji.
  • Tidak dapat dicairkan kecuali untuk melunasi Biaya Penyelenggaraan Haji/UMRAH.

Manfaat Tabungan MABRUR, antara lain :

  • Bebas biaya administrasi bulanan,
  • kemudahan pengurusan administrasi/dokumen perjalanan haji,
  • On-line dengan SISKOHAT Departemen Agama,
  • Setoran ringan serta tersedia talangan untuk pelunasan BPIH,
  • On-line antarcabang.
    1. Tabungan Berencana BSM

Simpanan berjangka yang memberikan nisbah bagi hasil berjenjang serta kepastian bagi penabung maupun ahli waris untuk memperoleh dananya sesuai target pada waktu yang diinginkan

Produk tabungan dengan jangka waktu, dana dan tujuan investasinya dapat ditentukan secara fleksibel oleh nasabah dan dilengkapi dengan fasilitas Asuransi Cuma-Cuma.

Adapun manfaat dari Tabungan Berencana BSM, antara lain :

  • Memudahkan mengatur rencana kebutuhan dana jangka menengah dan panjang.
  • Bagi hasil yang menguntungkan.
  • Di-cover dengan asuransi jiwa.
  • Nasabah tidak perllu membayar premi asuransi.
  1. Deposito BSM

Deposito Syariah Mandiri adalah sarana investasi berjangka waktu tertentu yang dikelola berdasarkan prinsip Mudharabah Muthlaqah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pj. Kepala KCP

II.3. STRUKTUR ORGANISASI BANK SYARIAH MANDIRI CABANG NATUNA.

ANGGI PRATAMA

 

 

Pj. Operation Officer
Pj. Account Officer
Officer Gadai
Ariongko satria. Y
Kamisa Oktavia

 

 

 

 

Teller
CS
Back Officer
Jr. Accoun Officer

                                                                 

Penaksir Gadai

                  

Novi
Admin Mikro
Maliki
Penagihan
M. Idlan
Kepala Warung Mikro
P M M
Azzumar Khair
Officer Bay
Driver
Neo Febrasi
Syamsurizon
Irma Safira
Maryadi
Asisten
Rodi
Security
Henrico Fernando M
Sudirman
Rubiyah
Riri
Acep Kustiadi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

HASIL PRAKTEK KERJA LAPANGAN

III.1 NAMA BAGIAN TEMPAT PRAKTEK KERJA LAPANGAN

Di Bank Syariah Mandiri, Tbk Cabang Pembantu Natuna, saya ditempatkan pada bagian  marketing yang dipandu oleh Kak Rubi, dan Kak Novi serta beberapa pegawai lainnya dibidang marketing.

III.2 KEGIATAN YANG DILAKUKAN

Adapun kegiatan Praktek Kerja Lapangan yang dilakukan selama 2  (dua)  bulan, sebagai berikut :

No Hari, Tanggal Waktu Kegiatan Magang
1 Senin, 03/11/2014 07.45 – 08.00

08.00 – 09.00

11.00

Doa Bersama

Perkenalan Diri

Pulang

2 Selasa, 04/11/2014 07.45 – 08.00

08.00 – 08.15

08.30 – 09.30

09.30 – 11.00

11.00 – 12.00

12.00 – 13.30

13.30 – 14.30

15.30 – 16.30

16.30

Doa Bersama

Registrasi

Pembukaan dan penjelasan tentang program

Visi , Misi , dan Sejarah BSM

Islamy is way of life

ISHOMA ( Istirahat, Sholat,Makan)

Islamy is Way of life

Produk – Produk Pendanaan BSM

Pulang

3 Rabu, 05/11/2014 07.45 – 08.00

08.00 – 08.15

08.30 – 10.30

10.30 – 12.00

12.00 – 13.30

13.30 – 14.30

15.30 – 16.30

16.30

Doa Bersama

Registrasi

Dasar – Dasar Perbankan Syariah

Produk-Produk pembiayaan Bank Syariah Mandiri

ISHOMA (Istirahat,Sholat,Makan)

Materi Tentang Talangan Haji

Materi  Tentang StandarLayanan BSM

Pulang

4 Kamis, 06/11/2014 07.45 – 08.00

08.00 – 08.15

08.30 – 10.30

10.30 – 11.30

Doa Bersama

Registrasi

Materi tentang Warung Mikro BSM

Materi Selling Skill

5 Jum’at,07/11/2014 07.45 – 08.00

08.00 – 08 15

08.30 – 16.00

 Doa Bersama

Registrasi

Overview Program

1 Senin, 10/11/2014 07.45

08.00

08.30

09.00

11.00

12.00

13.30

14.30

15.30

16.30

17.00

Doa bersama

Absen

Tadarus

Pergi ke kampus STAI Sosialisasi produk pendanaan BSM

Pergi cari nasabah di air kolek

ISHOMA (ISTIRAHAT, SHOLAT, MAKAN)

Pergi ke bank ambil formulir buka rekening

Mengantarkan formulir kepada nasabah

Pergi ke Bank

Absen kembali

Pulang

2 Selasa, 11/11/2014 07.45

08.00

08.30

09.00

10.30

12.00

14.30

15.30

16.30

17.00

Doa bersama

Absen

Tadarus

Ikut antrian buka rekening untuk nasabah

Mencari nasabah baru di ranai darat

ISHOMA (Istirahat,Sholat,Makan)

Antarkan buku rekening nasabah yang sudah selesai

Pergi ke Bank

Absen

Pulang

3 Rabu, 12/11/2014 07.45

08.00

08.30

09.00

12.00

15.30

16.30

17.00

Doa bersama

Absen

Tadarus

Pergi ke tanjung cari nasabah

ISHOMA (istirahat,sholat,makan)

Pergi ke bank

Absen

Pulang

4 Kamis,13-11-2014 07.45

08.00

08.30

09.00

10.30

12.00

15.30

16.30

17.00

Doa bersama

Absen

Tadarus

Pergi ke air batu cari nasabah

Pergi ke bank ambil formulir

Ishoma

Pergi ke bank

Absen

Pulang

Jum’at, 14-11-2014 07.45

08.00

08.30

09.00

11.00

15.30

16.30

17.00

Doa bersama

Absen

Tadarus

Menawarkan produk pendanaan kepada sepupu

Ishoma

Pergi ke bank

Absen

Pulang

1 Senin, 17/11/2014 07.45

08.00

08.30

09.00

12.00

16.00

16.30

17.00

Doa bersama

Absen

Tadarus

Keluar dari bank dan menuju ke cemaga

ISHOMA (ISTIRAHAT, SHOLAT, MAKAN)

Pergi ke Bank

Absen kembali

Pulang ke rumah

2 Selasa, 18/11/2014 07.45

08.00

08.30

09.00

12.00

14.00

16.00

16.30

17.00

Doa bersama

Absen

Tadarus

Keluar dari bank untuk mencari nasabah di daerah air lebay

ISHOMA (Istirahat,Sholat,Makan)

Pergi ke tempat abg sepupu menawarkan produk BSM

Pergi ke Bank

Absen kembali

Pulang ke rumah

3 Rabu, 19/11/2014 07.45

08.00

08.30

09.00

10.45

12.00

16.00

16.30

17.00

Doa bersama

Absen

Tadarus

Keluar dari bank

Menuju ke air kijang

ISHOMA (istirahat,sholat,makan)

Pergi ke bank

Absen kembali

Pulang ke rumah

4 Kamis, 20/11/2014 07.45

08.00

08.30

09.00

10.15

12.00

13.45

16.00

16.30

17.00

Doa bersama

Absen

Tadarus

Keluar dari bank

Jalan k rumah paman sambil menawarkan menabung di BSM

ISHOMA (Istirahat,sholat,makan)

Menawarkan Kepada Kepala desa serasan yang pas ada di Natuna

Pergi ke bank

Absen kembali

Pulang ke rumah

5 Jum’at ,21/11/2014 07.45

08.00

08.30

09.00

11.00

13.30

14.00

14.45

16.00

16.30

17.00

Doa bersama

Absen

Tadarus

Keluar dari bank

Pergi sholat jum’at

Mengantarkan formulir kepada nasabah yang ingin buka rekening

Ke bank dan ikut antrian untuk buka rekening nasabah

Pergi mengantarkan buku rekening nasabah yang telah selesai

Pergi ke bank

Absensi

Pulang

1 Senin, 24/11/2014 07.45

08.00

08.30

09.00

12.00

16.00

16.30

17.00

Doa bersama

Absen

Tadarus

Keluar dari bank (turun lapangan)

ISHOMA (ISTIRAHAT, SHOLAT,MAKAN)

Pergi ke Bank

Absen kembali

Pulang ke rumah

2 Selasa,25/11/2014 07.45

08.00

08.30

09.00

12.00

14.00

16.00

16.30

17.00

Doa bersama

Absen

Tadarus

Keluar dari bank (turun lapangan)

ISHOMA (Istirahat,Sholat,Makan)

Pergi menawarkan produk BSM di rumah bibi

Pergi ke Bank

Absen kembali

Pulang ke rumah

3 Rabu, 26/11/2014 07.45

08.00

08.30

09.00

12.00

16.00

16.30

17.00

Doa bersama

Absen

Tadarus

Keluar dari bank (turun lapangan)

ISHOMA (istirahat,sholat,makan)

Pergi ke bank

Absen kembali

Pulang ke rumah

4 Kamis, 27/11/2014 07.45

08.00

08.30

09.00

10.15

12.00

16.00

16.30

17.00

Doa bersama

Absen

Tadarus

Keluar dari bank (turun lapangan)

Pergi ke bandarsyah

ISHOMA (Istirahat,sholat,makan)

Pergi ke bank

Absen kembali

Pulang ke rumah

5 Jum’at ,28/11/2014 07.45

08.00

08.30

09.00

11.00

16.00

16.30

17.00

Doa bersama

Absen

Tadarus

Keluar dari bank (turun lapangan)

Pergi sholat jum’at

Pergi ke bank

Absensi

Pulang

1 Senin,01/12/2014 07.45

08.00

08.30

12.00

16.00

16.30

17.00

Doa bersama

Absen

Tadarus

ISHOMA

Pergi ke Bank

Absen kembali

Pulang ke rumah

2 Selasa, 02/12/2014 07.45

08.00

08.30

12.00

14.00

16.00

16.30

17.00

Doa bersama

Absen

Tadarus

ISHOMA (Istirahat,Sholat,Makan)

Mengantarkan formulir nasabah yang ingin buka tabungan BSM

Pergi ke Bank

Absen kembali

Pulang ke rumah

3 Rabu, 03/11/2014 07.45

08.00

08.30

12.00

15.30

16.00

16.30

17.00

Doa bersama

Absen

Tadarus

ISHOMA (istirahat,sholat,makan)

Pergi ke bank

Mengantar formulir yang sudah di isi kepada  CS (kak Irna)

Absen kembali

Pulang ke rumah

4 Kamis, 04/12/2014 07.45

08.00

08.30

12.00

16.00

16.30

17.00

Doa bersama

Absen

Tadarus

ISHOMA (Istirahat,sholat,makan)

Pergi ke bank

Absen kembali

Pulang ke rumah

5 Jum’at ,05/12/2014 07.45

08.00

08.30

11.00

13.30

14.00

16.00

16.30

17.00

Doa bersama

Absen

Tadarus

Pergi sholat jum’at

Mengambil buku Rekening nasabah yang telas siap

Mengantarkan buku rekening kepada nasabah atas nama Susi

Pergi ke bank

Absensi

Pulang

1 Senin,08/12/2014 07.45

08.00

08.30

10.00

12.00

16.00

16.30

17.00

Doa bersama

Absen

Tadarus

Menuju ke padang kurak menawarkan produk Pendanaan BSM

ISHOMA

Pergi ke Bank

Absen kembali

Pulang ke rumah

2 Selasa, 09/12/2014 07.45

08.00

08.30

12.00

15.00

16.00

16.30

17.00

Doa bersama

Absen

Tadarus

ISHOMA (Istirahat,Sholat,Makan)

Pergi ke rumah orang yang janji akan menabung saudari Erni (memastikan jadi atau tidak untuk menabung d BSM)

Pergi ke Bank

Absen kembali

Pulang ke rumah

3 Rabu, 10/12/2014 07.45

08.00

08.30

10.00

12.00

15.30

16.30

17.00

Doa bersama

Absen

Tadarus

Pergi ke rumah sepupu (Susi) mengembalikan KTP bekas Fotokopi untuk buka tabungan kemaren

ISHOMA (istirahat,sholat,makan)

Pergi ke bank

Absen kembali

Pulang ke rumah

4 Kamis, 11/12/2014 09.30

15.00

ABSEN

Menuju ke tanjung rumah saudara menawarkan Produk BSM

Pergi ke rumah ude menanyakan bersedia menabung di BSM atau tidak

5 Jum’at ,12/12/2014 09.00

11.00

15.00

ABSEN

Pergi ke sebele menawarkan warga untuk menabung di BSM

Pergi sholat jum’at

Pergi ke rumah kawan (Iswanto) menawarkan untuk  menabung d BSM

1 Senin,15/12/2014 07.45

08.00

10.00

11.00

12.00

16.00

17.00

Doa bersama

Absen

Menuju ke rumah bapak gusnadi di sual (mencoba mengajak bapak gusnadi untuk Deposito di BSM)

Pergi kerumah kak Ida di Sual menawarkan produk pendanaan BSM

ISHOMA

Pergi ke Bank

Absen kembali & Pulang ke rumah

2 Selasa, 16/12/2014 07.45

08.00

09.30

12.00

14.00

16.00

17.00

Doa bersama

Absen

Pergi ke air kolek menawarkan kepada saudari Ranti untuk menabung di BSM

ISHOMA (Istirahat,Sholat,Makan)

Menawarkan tabungan BSM kepada saudara Joni Gunawan yang tinggal di batu ampar

Pergi ke Bank

Absen kembali & Pulang ke rumah

3 Rabu, 17/12/2014 07.45

08.00

08.30

10.00

12.00

15.30

17.00

Doa bersama

Absen

Tadarus

Menawarkan kepada saudari Umi agar menabung di Bank Syariah Mandiri

ISHOMA (istirahat,sholat,makan)

Pergi ke bank

Absen kembali & Pulang ke rumah

4 Kamis, 18/12/2014 07-45

08.00

08.30

11.00

12.00

13.30

16.00

17.00

Doa bersama

ABSEN

Tadarus

Menawarkan kepada saudara Edi Kurniawan Tentang Tabungan BSM dan Simpatik

ISHOMA

Pergi ke rumah Raja Muhammad alfadli di jemengan mencoba mengajak untuk menabung di BSM

Pergi ke Bank

Absen kembali & pulang ke rumah

5 Jum’at ,19/12/2014 07.45

08.00

08.30

09.00

11.40

16.00

17.00

Doa Bersama

ABSEN

Tadarus

Menawarkan Tabungan BSM dan Tabungan ku kepada Ibu Sunarti Di tanjung

Pergi sholat jum’at

Pergi ke bank

Absen kembali & pulang ke rumah

Tabel 2. Kegiatan Yang Dilakukan selama 2 (dua) bulan di Bank Syariah Mandiri KCP. Natuna

Dari beberapa praktikum di atas, saya dapat mengetahui proses kegiatan kinerja bank Syariah Mandiri. Selain itu, saya mengetahui bagaimana mencari dana dan bagaimana cara memberi pinjaman pembiayaan kepada nasabah yang memerlukan/membutuhkan. Walaupun tidak secara keseluruhan saya pelajari dan mempraktekkannya. Pada bank Syariah Mandiri cabang natuna menggunakan prinsip bagi hasil yang dikenal dengan Margin (keuntungan bank).

Selain yang telah dijelaskan di atas, rutinitas kegiatan yang dilakukan dari pukul 07.45 WIB s.d. 17.00 WIB yaitu doa pagi dan kultum (sharing product, sharing service, dan tukar pendapat/pikiran, serta lain-lainnya), dan proses kegiatan praktikum, serta mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilakukan bank Syariah Mandiri.

III.3 REKAN KERJA

Dalam praktek kerja lapangan di bank syariah mandiri, saya dipandu oleh :

  1. Kak Rubi, memeriksa laporan serta menjelaskan tentang produk pembiayaan.
  2. Kak Novi yang memeriksa kelengkapan Berkas Formulir,

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

PENUTUP

IV.1 KESIMPULAN

Kegiatan Praktek Kerja Lapangan di lembaga keuangan ini merupakan program berkelanjutan dari tahun sebelumnya Program Studi Ekonomi Syariah STAI Natuna. Adapun kesimpulan yang diambil oleh penulis selama melaksanakan Praktek Kerja Lapangan pada PT.Bank Syariah Mandiri KCP Natuna adalah sebagai berikut :

Praktek kerja lapangan merupakan suatu suatu kegiatan yang berlangsung di dunia kerja dan merupakan bentuk aplikasi penyelenggaraan pendidikan profesional yang memadukan secara sistematis antara program pendidikan dengan program keahlian yang diperoleh melalui dunia kerja,sehingga terarah dan dapat mencapai tingkat keahlian profesional tertentu di mana banyak sekali pengalaman-pengalaman yang saya  dapatkan sewaktu mengikuti Praktek Kerja Lapangan di Bank Syariah Mandiri KCP Natuna yang akan menjadi modal  sangat besar untuk kami para mahasiswa yang (PKL) di Bank Syariah Mandiri KCP Natuna ini untuk melangkah kedepan serta modal untuk kami mengaplikasikan setelah kami bisa menyelesaikan gelar sarjana tersebut.adapun hasil yang kami peroleh agar menjadi modal kami kedepan yaitu sebagai berikut :

  1. Saya Mengetahui kinerja Perbankan Syariah Mandiri KCP Natuna meliputi tugas dan wewenang
  2. Saya mendapat tambahan materi seputar pendanaan dan pembiayaan Bank Syariah Mandiri KCP Natuna..
  3. Saya mengetahui berbagai blangko/formulir dan yang berkaitan dengan pendanaan dan pembiayaan
  4. Saya lebih memahami berbagai macam kebijakan dan pembinaan dalam proses pelayanan nasabah
  5. Saya lebih terdidik untuk menjadi insan yang disiplin
  6. Saya juga di ajarkan bagaimana menjadi individu yang bertanggung jawab,jujur dan dapat di percaya.

IV.2  SARAN

Dengan berakhirnya kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang mendapatkan kesimpulan yang di kemukakan di atas, maka penulis menyarankan agar pihak BSM lebih giat memperkenalkan produk-produk yang ada di BSM tersebut baik produk pendanaan maupun pembiayaan ,serta harus lebih bisa meyakinkan masyarakat yang beranggapan bahwa BSM ini tidak sama dengan bank konvensional karena Bank Syariah Mandiri ini menggunakan system bagi hasil agar Bank Syariah Mandiri ini lebih bisa maju dengan sangat pesat dan bisa merubah perekonomian di Natuna

DAFTAR PUSTAKA

Buku Panduan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) Program Studi Ekonomi Islam

www.syariahmandiri.co.id

Materi inClass Training BSM KCP Natuna

Materi Pembekalan Praktek Kerja Lapangan

Materi Perkuliahan praktek Lab Bank Mini Syariah, Henriko Fernando, STAI Natuna

LAMPIRAN

  1. Penilaian Dari BANK SYARIAH MANDIRI Cab. Natuna.
  2. Absensi
  3. Rutinitas selama 2 bulan dari tanggal 03 November d. 31 Desember 2014
  4. Struktur Organisasi Bank Syariah Mandiri Cab. Natuna
  5. Beberapa brosur pembiayaan sebagai usaha Bank Syariah Mandiri dalam menyalurkan dana.

[1] Buku Panduan Praktek Kerja Lapangan Program Studi Ekonomi Islam, Hal : 2

[2] Buku Panduan PKL Prodi Ekonomi Islam S1 2010, hal : 5

[3] Buku Panduan PKL Prodi Ekonomi Islam S1 2010, hal : 8

[4] Buku Panduan PKL Prodi Ekonomi Islam S1 2010, hal : 7

[5] Lampiran 2 Absensi, hal : 32

[6] http://www.syariahmandiri.co.id

[7] Materi Class Training PKL BSM Natuna

Komentar
  1. vitriya mengatakan:

    Kak mau download dong … boleh share ke aku???

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s