MANAGEMENT PERBANKAN ISLAM ( konsep pemasaran)

Posted: September 19, 2015 in Uncategorized

A.konsep pemasaran
Pemasaran berpangkal dari kebutuhan pembeli yang belum terpenuhi dalam hal produk,kualitas,harga,kemudahan mendapatkan sparepart dan sebagainya.Produk bukan satu-satunya penjamin kepuasan konsumen,akan tetapi ada beberapa variable yang sangat mempengaruhi kepuasan harga konsumen yakni harga produk,lokasi,distribusi dan sebagainya.apabila konsumen merasa puas,maka ia akan kembali dan tetap bertahan dengan produk kita dan memberitahu kepada pihak lain untuk membeli dari kita.
Istilah-istilah mendasar pada pemasaran yang harus diketahui antara lain :
http://www.heggusblogwordpress.com
kebutuhan (needs)
Suatu keadaan dimana seseorang merasa kekurangan terhadap pemuas dasar .contoh : makan,minum,pakaian,tempat tinggal,keamanan,dan lain lain.
keinginan (want)
Hasrat atau kehendak yang kuat akan pemuas kebutuhan spesifik
Contoh : nasi goreng,es the, dan lain lain.
-permintaan ( Demans)
Keunginan akan produk spesifik yang didukung oleh kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.
– produk (product)
Segala sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memuaskan suatu kebutuhan dan keinginan
– nilai (Value)
Perkiraan konsumen atas seluruh produk untuk memuaskan kebutuhan.
-biaya (cost)
Sesuatu atau seluruh yang dikorbankan untuk mendapatkan / memuaskan kebutuhan.
-kepuasan (satisfaction)
Perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja (hasil) suatu produk dan harapan-harapannya.
-pertukaran (exchange)
Tindakan memperoleh produk yang dikehendaki dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai imbalan.
– pasar (market)
Terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan dan keinginan tertentu yang sama yang mungkin bersedia dan mampu melaksanakan pertukaran untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan.
http://www.heggusblogwordpress.com
Untuk mendapatkan hasil pemasaran yang sesuai dengan harapan,maka harus mengikuti tahapan-tahapan atau proses pemasaran sebagai berikut :
* pengenalan pasar : yaitu untuk mengetahui potensi pembeli/konsumen dan mengetahui kebutuhannya.
* strategi pasar : merupakan tindak lanjut dari pengenalan pasar,menyangkut strategi yabg akan diterapkan dalam memasarkan produk agar dapat diterima pasar.
* bauran pasar : merupakan alat yang digunakan dalam menjalankan strategi yang telah dipilih.Dalam bauran pemasaran ini,akan ditentukan bagaimana unsur-unsur produk,harga,lokasi,/sistem distribusi yang akan dituju.
* evaluasi : harus dilakukan untuk melihat sejauh mana proses pemasaran dijalankan dan apakah ada perbaikan yang terjadi dalam usaha yang dilakukan .
http://www.heggusblogwordpress.com

STRATEGI PEMASARAN BAAK SYARIAH
Strategi pemasaran Bank Syariah merupakan salah satu langkah yang harus ditempuh dalam memasarkan produk atau jasa perbankan yang ditujukan pada peningkatan penjualan.
Strategi pasar dapat dilakukan dengan memperhatikan aspek-aspek berikut :
_ pelanggan atau fokus segmen bank syariah.
– prioritas layanan dan penentuan harga barang/ jasa
– preferensi teritorial/ wilayah pasar.
-saluran distribusi.
-image atau kondisi perusahaan ( bank syariah )
http://www.heggusblogwordpress.com

Teknik yang membantu dalam pengenalan pasar antara lain :
A.teknik pengelompokan pasar.
1) lokasi tempat tinggal.seperti desa, pinggiran,kota .dll
2 )jenis kelompok konsumen .seperti:
Konsumen perumahan,flat,apartement,dll.
3)Demografis.berdasarkan :
* tingkat pendapatan
* umur
* pendidikan
4) psikologis,berdasarkan :
* gaya hidup
* tren.
5) jumlah yang dibeli
* untuk pakai sendiri.
* untuk pengecer.
* untuk industri.
http://www.heggusblogwordpress.com
TEKNIK DAUR KEHIDUPAN PRODUK (Product Life Cycle)
produk suatu indystri merupakan hal yang bergerak mengikuti kemauan pasar,sehingga suatu produk akan berjalan mengikuti siklus kehidupan, siklus produk adalah berawal,lahir,tumbuh,berkembang ,tua dan mati ,demikian juga produk bank syariah pada waktu tertentu akan mencapai pada tahapan tertentu meskipun kita tidak mengetahuinya kapan waktu itu terjadi.
http://www.heggusblogwordpress.com

image

Mohon cantumkan sumber link  jika  anda ingin copas

http://www.heggusblogwordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s